Premium destination for Apple's product

Kernel Panic pada Mac

kernel-panic-pada-mac

Kernel Panic pada Mac

 

Pada beberapa kasus yg jarang terjadi, kadang Mac anda akan mengalami “Kernel Panic” 
Kernel Panic ini lebh disebabkan karena beberapa hal yg kebanyakan berasal dari instalasi software 3rd party atau penggunakan Hardware tambahan diluar spesifikasi.
Pada kebanyakan kasus, hal tersebut dikarenakan issued di dalam Mac OSX anda. Cara penyelesaian pada kasus kernel panic ini antara lain:
1. Restart Mac anda (pencet tombol power yg lama sampai Mac mati, nyalakan lagi)
2. Segera setelah Mac anda kembali menyala, tekan tombol “Shift”, makaMac anda akan masuk pada Safe Boot (apabila anda menggunakan keyboard 3rd party, maka keyboard anda akan berhenti bekerja. Gunakan keyboard original Mac)
3. Apabila tidak terjadi kernel panic pada Safe Mode, silahkan restart dan jalankan Mac OSX seperti biasa dengan cara klik di  Apple Menu > Restart…

4. Apabila masih terjadi Kernel Panic, dapat dipastikan ada software atau hardware 3rd party anda yg menyebabkan kernel panic.
Hardware Trouble
Cobalah memeriksa hardware Mac anda.
1. Periksa HDD anda dengan Disk Utilities. Lakukan Verify dan Repair Disk pada HDD anda.
Apablia Mac OSX tidak dapat meyelesaikan Verify atau Repair Disk pada HDD anda, dapat dipastikan HDD anda mengalami kerusakan
2. Periksa hardware 3rd party. Restart Mac anda dengan mencopot semua hardware 3rd party yg dipasang (mouse, keyboard, firewire, memory card, dll).
Setelah restart dan masuk ke OSX, coba sambungkan satu per satu hardware 3rd party anda dan gunakan Mac seperti biasa
Apabila anda telah mengganti Memory RAM dengan 3rd party, anda harus mengganti nya dengan Memory bawaan Mac tersebut.
Software Trouble
Apabila semua ritual Hardware trouble tlah dijalan kan dan masih terjadi kernel panic, maka anda harus menginstal ulang Mac OSX anda. Lakukan Clean install pada Mac anda, jangan lupa untuk melakukan back up data terlebih dahulu